Saturday, February 13, 2010

Neonatus

 

PENGERTIAN NEONATUS
Neonatus adalah masa bulan pertama kehidupan, disepakati waktunya mulai dari 0-28 hari. Selama tahapan ini, fungsi fisik bayi baru lahir kebanyakan reflektif, dan stabilisasi system organ utama adalah tugas tubuh yang utama. Prilaku sangat mempengaruhi interaksi, antara bayi baru lahir dan lingkungan serta pengaruh. misalnya rata-rata anak usia dua minggu tersenyum secara spontan dan mampu mengenali wajah ibunya sehingga melambungkan perasaan cinta ibu dengan itu ibu segera memeluk bayinya.

CIRI-CIRI NEONATUS
ciri-ciri dari neonatus adalah sebagai berikut :
1. Menghisap merupakan refleks terpenting
2. Masih tidur terus
3. Bila ditelungkupkan tampak seperti merayap menggunakan kakinya kedepan
4. Refleks menghentak
5. Sering tampak terkejut dan menangis dalam tidurnya
6. Refleks menggenggam
7. Belum mengetahui siapa dirinya dan siapa anda

PERKEMBANGAN FISIK NEONATUS
Rata-rata berat bayi baru lahir 3400 gram, panjang 50 cm dan memiliki lingkar kepala 35 cm. sampai 10 % berat lahir hilang dalam beberapa hari pertama, dan akan naik kembali pada minggu ke dua kehidupan. selama bulan pertama meningkat rata-rata berat badan 120 sampai 240 gram per minggu, tinggi badan 0,6 -2,5 cm, dan 2 cm dalam lingkar kepala.
denyut jantung menurun dari denyut jantung janin 130 sampai 160 kali permenit turun menjadi 120 sampai 140 kali permenit. systole dan diastole dalam keadaan durasi lebih pendek, intensitas lebih besar, dan bunyi lebih tinggi rata-rata tekanan darah 74/46 mmHg. rata-rata waktu pernafasan adalah 30 sampai 50 kali permenit. temperature aksila berada dalam rentang antara 36’ sampai 37,5’c dan secara umum menjadi stabil dalam 24 jam setelah lahir.
Karakteristik Fisik Neonatus
karakteristik yang normal termasuk tetap adanya lanugo (rambut yang halus, menutupi hampir seluruh tubuh) pada kulit bagian belakang. signosis pada tangan dan kaki, abdomen yang lembut dan menonjol. warna kulit berfariasi menurut ras dan warisan genetika dan berubah selama masa bayi Molding , atau tulang kepala saling bertumpuk dan akan menyesuaikan kembali dalam beberapa minggu. membentuk kembali yang lebih bulat. garis yang terpisah sutura, dan fontanel, biasanya teraba pada saat kelahiran.
refleks normal termasuk berkedip dalam berespon terhadap cahaya terang dan gerakan terkejut dalam berespon terhadap suara rebut dan tiba-tiba.
Karakteristik Prilaku Neonatus
karakteristik prilaku yang normal meliputi periode menghisap, menangis, tidur dan beraktifitas. Bayi baru lahir normalnya melihat wajah pengasuh, secara reflektif, tersenyum dan beresponterhadap stimulus sensoris, khususnya wajah pengasuh utama , suara dan sentuhan.
jam pertama kehidupan neonatus tanpa pemberian obat utamanya dihabiskan dalam keadaan diam waspada. dengan mata terbuka lebar dan aktifitas menghisap kuat. setelah itu bayi akan tidur terus selam 2 sampai 3 hari berikutnya untuk pulih dari proses kelahiran setelah itu periode tidur berfariasi dari 20 menir sampai 6 jam dengan perbandingan siang malam sempit.

PERKEMBANGAN KONGNITIF NEONATUS
Perkembangan kongnitif yang awal mulai dengan prilaku bawaan, refleks dan fungsi sensoris. misalnya neonatus belajar untuk menoleh kearah putting susu pada saat baru lahir anak-anak berfokus pada benda berjarak kira-kira 8-10 inci dari wajah mereka dan dapat melihat benda. kemampuan sensori ini memberikan neonatus untuk mengeluarkan stimulus lebih dari pada hanya menerima stimulus . contoh stimulus sensori adalah orang tua berbicara dengan bayinya dan memegang mereka untuk melihat wajah mereka.
untuk neonatus menangis berarti komunikasi. beberapa bayi menangis karena popoknya basah atau mereka merasa lapar.

PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL
Interaksi selama perawatan rutin memperbesar atau memperkecil proses kedekatan, jika orang tua atau anak-anak mengalami komplikasi kesehatan setelah lahir, hubungan dapat terganggu. Isyarat prilaku bayi lemah atau tidak ada. Misalnya bayi yang lahir dengan gangguan jantung mungkin lebih mudah merasa lemah selama menyusui. mereka mungkin istirahat lebih sering setelah beberapa isapan yang kuat dan tertidur setelah mendapat 30cc sampai 45cc. bayi mungkin bangun setelah 1,5 jam , menangis karena merasa lapar kembali. ibu tidak memahami bahwa tangisan tersebut adalah perintah secara fisiologis untuk rangkaian dari suatu kejadian, keduanya baik ibu dan bayi memperoleh penurunan kesenangan dari pengalaman menyisui. Dalam kasus ini, bagaimanapun juga hubungan tidak meningkat dan mungkin berkurang kecuali tindakan keperawatan memutuskan rangkaian kejadian itu.

RINGKASAN PERKEMBANGAN NEONATUS MENURUT AHLI TEORI PENTAHAPAN
1. Teori Psikoseksual Freud
Oral-Sensori (lahir sampai 12-18 bulan) (neonatus dan bayi)
 Ciri Tahapan
Aktifitas melibatkan mulut seperti menghisap, menggigit dan mengunyah merupakan sumber utama kenikmatan.
 Tambahan Teori
Anak yang terhalang kegiatan menghisap mungkin berusaha untuk memuaskan kebutuhan ini di kemudian hari melalui aktifitas seperti mengunyah permen karet, merokok dan makan yang berlebih.
2. Teori Psikisosial Erickson
Percaya Vs Tidak Percaya (lahir sampai 1 tahun) (neonatus dan bayi)
bentuk : mengambil dan mendapatkan
sifat baik : pengharapan
 Ciri Tahapan
pemenuhan kepuasan dari pengasuh tentang kebutuhan dasar bayi untuk makan dan menghisap , rasa hangat dan nyaman , cinta dan rasa aman dalam prilaku yang konsisten dan sensitive, menghasilkan kepercayaan.
 Tambahan Teori
pada saat kebutuhan dasar bayi tidak terpenuhi atau tidak terpenuhi secara adekuat , bayi menjadi curiga, penuh rasa takut, dan tidak percaya, hal ini ditandai dengan prilaku makan , tidur dan eliminasi yang buruk
3. Teori Perkembangan Kongnitif Piaget
Sensori Motor (lahir sampai 2 tahun)
 Ciri Tahapan
Anak belajar mengenai dunia melalui aktifitas sensori dan motori
 Tambahan Teori
anak secara lambat mengembangkan konsep bahwa orang dan benda merupakan hal yang permanent, walaupun mereka tidak lagi terlihat.
Aktivitas Refleks (lahir sampai satu bulan)
 Ciri Tahapan
anak melatih refleks saat lahir dan meningkatkan beberapa control refleks tersebut.
 Tambahan Teori
memodifikasi refleks menjadi lebih efisien . menghisap merupakan yang lebih efektif dan selektif.
4. Teori Perkembangan Moral Kohlberg
Tingkat Premoral (lahir sampai 9 tahun)

 Ciri Tahapan
terdapat sedikit kewaspadaan mengenai apa yang dimaksud dengan prilaku moral yang bisa di terima secara social. control di dapatkan dari luar
 Tambahan Teori
anak menyerah pada kekuatan dan kepemilikan. hidup dinilai untuk jumlah dan kekuatan dari kepemilikan.
Orientasi Hukuman dan Kepatuhan (lahir sampai 6 tahun)
 Ciri Tahapan
peraturan dari orang lain diikuti untuk menghindari hukuman
 Tambahan teori
anak menggabungkan label dari baik dan buruk, benar dan salah dalam prilaku dalam bentuk konsekuensi dari tindakan-tindakan.

SEKILAS TENTANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
1. Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan
Perkembangan adalah aspek progesif adaptasi terhadap lingkungan yang yang bersifat kualitatif. contoh peningkatan aktifitas fungsional penguasaan terhadap beberapa keterampilan yang lebih kecil.
Pertumbuhan fisik merupakan hal yang kuantitati, atau dapat diukur, aspek peningkatan ukuran fisik individu sebagai hasil peningkatan dalam jumlah sel.
2. Tahap Pertumbuhan Dan Perkembangan
Pertumbuhan dan perkembangan manusia merupakan hal yang berjalan terus dan berliku-liku , proses kompleks yang sering di bagi ke dalam tahap yang diatur sesuai kelompok umur.
3. Factor Utama Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan
Mahluk manusia adalah system kompleks dan terbuka yang dipengaruhi .

Diketik Ulang Oleh Supendi Ardiansyah STIKes..
DAFTAR PUSTAKA
Potter & Perry.2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Prsktik; Vol 1, terjemahan Yasmin Asih…[et al.]. Jakarta : EGC

1 comment:
Write komentar

Klik & Subscribe Ya..

Translate