Strees dan Adaptasi

STRESS

Stress adalah realitas kehidupan setiap hari yang tidak dapat di hindari. stress disebabkan oleh perubahan yang memerlukan penyesuaian. sering dianggap kejadian atau perubahan negative yang dapat menimbulkan stress misalnya : cedera, sakit, kematian orang yang dicintai. padahal segi positif juga dapat menimbulkan stress seperti naik pangkat, perkawinan. pengalaman stress dapat berasal dari tiga sumber, sumber yang Pertama adalah lingkungan diri dan tubuh serta pikiran. lingkungan mengirimkan stimulus secara terus menerus selama manusia hidup yang memerlukan penyesuaian. sumber Kedua stress merupakan kondisi Fisikologi tubuh.

Perubahan

Setelah kelahiran bayi dan pengeluaran plasenta, ibu mengalami suatu periode pemulihan kembali kondisi fisik dan psikologisnya. (Ball 1994, Hytten 1995)
Yang diharapkan pada periode 6 minggu setelah melahirkan adalah semua system dalam tubuh ibu akan pulih dari berbagai pengaruh kehamilan dan kembali pada keadaan sebelum hamil (Beischer dan Mackay 1986, Cunningham et al 1993)

Persalinan


Persalinan adalah saat yang menegangkan dan menggugah emosi ibu dan keluarganya, bahkan dapat menjadi saat yang menyakitkan dan menakutkan bagi ibu. Untuk meringankan kondisi tersebut seorang wanita memerlukan dukungan selama persalinan. Karena dukungan baik fisik dan emosional selama persalinan akan menjadikan waktu persalinan menjadi pendek , meminimalkan intervensi, dan menghasilkan persalinan yang baik.

Perkembangan dan pertumbuhan manusia pada neonatus

pada umumnya orang berpendapat bahwa pada masa kanak-kanak merupakan masa yang terpanjang dalam rentang kehidupan. masa kanak-kanak di mulai setelah melewati masa bayi yang pengaruh ketergantungan, yakni kira-kira usia dua tahun sampai anak matang secara seksual.

Patograf

Partograf merupakan alat untuk mencatat informasi berdasrkan observasi/ riwayat dan pemeriksaan fisik ibu dalam persalinan dan alat penting. Khususnya untuk membuat keputusan klinis selama kala i persalinan.
Kegunaan utama partograf adalah:
Mengamati dan mencatat informasi kemajuan persalinan dengan memeriksa serviks selama pemeriksaan dalam.

Neonatus


I. PENGERTIAN
Neonatus adalah masa bulan pertama kehidupan, disepakati waktunya mulai dari 0-28 hari. Selama tahapan ini, fungsi fisik bayi baru lahir kebanyakan reflektif, dan stabilisasi system organ utama adalah tugas tubuh yang utama. Prilaku sangat mempengaruhi interaksi, antara bayi baru lahir dan lingkungan serta pengaruh. misalnya rata-rata anak usia dua minggu tersenyum secara spontan dan mampu mengenali wajah ibunya sehingga melambungkan perasaan cinta ibu dengan itu ibu segera memeluk bayinya.

Emosi

EMOSI

1.    Emosi Pada Masa Bayi.
a.      kemarahan
perangsang yang lazim membangkitkan kemarahan bayi adalah campur tangan terhadap gerakan-gerakan mencoba-coba, menghalangi keinginannya, tidak mengizinkannya mengerti sendiri, dan tidak memperkenankannya melakukan apa yang dia inginkan. lazimnya tanggapan marah mengambil bentuk menjerit, meronta-ronta, menendangkan kaki,

Berpikir

Pengertian
Berfikir adalah :
 tingkahlaku yang menggunakan ide yaitu suatu proses simbolis.
 proses sensoris, mengingat di dalam belajar, memperseps, dan memori atau ingatan.
 berfikir menggunakan lambang , fisual atau grafis
 penarikan kesimpulan
 problem solving

Belajar

A. DEFINISI BELAJAR
secara singkat dan umum, belajar dapat diartikan sebagai suatu proses perubahan keseluruhan tingkah laku, yaitu terjadinya perubahan aspek-aspek tingkah laku Cognitif, Conatif, Afektif dan Motoris secara integrated. dibawah ini akan diuraikan beberapa perumusan atau definisi tentang belajar :

Untukmu

20 Mar. 10
Aku tak tahu apa yang kamu perbuat disana dan apa saja yang dilakukan selama aku tidak ada karena aku sadar jarak yang begitu amat jauh..sehingga aku tdak bisa melihat dirimu setiap hari apalagi dalam waktu 24 jam aku tak bisa melihat dengan kedua mataku selama kau disana apalagi waktu yang sibuk dengan jadwal kgeiatan dirimu, aku hanya bisa mendengarkan kabar lewat sebuah alat telekomuniksi akan tetapi jarak bukanlah suatu halangan dimana kita punya ketulusan begitupun ketulusan dirimu kepadaku.. aku harap tidak pernah kau sia-siakan kepercayaan diriku ini karena aku akan selalu menjaga keutuhan dan kepercayaan yang kau berikan kepada diriku.

Pasti disekelilingmu atau teman-temanmu ada yang menganjurkan supaya kau melakukan sesuatu apapun itu bentuknya karena akupun tidak akan pernah tahu itu, tapi aku yakin kepada dirimu dan percaya kamu masih punya hati nurani yang begitu amat dalam untuk semua itu, apalagi sampai berniat untuk menghianatiku, tidak menjaga kepercayan yang aku berikan kepadamu, ataupun melakukan sesuatu diluar dugaanku pasti itu tidak mungkin karena kamu punya Tuhan terutama Punya Kedua orang Tua apalagi kamu seorang calon ibu yang dimana kamu juga nanti bakal melahirkan generasi begitupun kamu dulu dilahirkan dari seorang ibu yang pada waktu itu bertaruh antara hidup dan mati. Jadi tidak mUngkin kamu melakukan itu, aku percaya kamu sayang!!!.... semangat dan semangatlah untuk masa depanmu diriku akan selalu mendoakan dirimu semoga dirimu selalu dalam lindungan ALLAH SWT dan dijauhkan dari segala marabahaya apalagi orang-orang yang akan mempunyai niat jahat semoga dijauhkan dari kehidupan dirimu.
Aku yakin kamu tidak akan melakukannya walaupun yang namanya godaan pasti ada saja apalagi kalau keadaan kita lagi kalut karena kebanyakan orang suka memanfaatkan situasi apalagi orang yang memang menginginkan hubungannya hancur pasti situasi itu akan dimanfaatkan, maka dari itu kuncinya adalah kejujuran dan keterbukaan satu sama lain tapi memang wajar juga pasti ada saja momen dimana saat-saat kita jenuh bahkan kita bete, boring terhadap pasangam sendiri akan tetapi semua itu hanya godaan yang harus bisa kita lewati bersama, TAPI AKU YAKIN KAMU bISA BUAT MELEWATI INI SEMUA dan satu hal rasa kepercayaan diriku kepadamu tidak akan pernah pudar sedikitpun walaupun diluar dugaan... 
Aku yakin pasti kamu BISA MENJAGA dan masih punya HATI NURANI karena kamu pun masih mempunyai IBU,dan dilahirkan dari seorang ibu bahkan ADIK-ADIKMU YAng begitu lucu, coba saja kalau terjadi pada adik-adikmu bagaimana dengan persaanmu apalagi ibumu, lihatlah mereka !!

Disini aku akan selalu menjaga kepercayaanmu dan bahkan akan menjaga apa yang kamu pesankan pada waktu kamu bilang dirumah kamu sendiri bahkan ditempat perpisahan ”Bandara” aku akan selalu ingat terus apa yang kamu ucapkan. Bahkan sama janji-janjimu yang pernah kau ucapkan kepada diriku aku akan pegang itu semua, jangan pernah kau ragukan lagi cinta dan kasihku kepadamu karena aku begitu tulus dan serius untuk menjalin hubungan yang lebih serius bahkan walaupun memang kamu meminta utuk ke arah lebih jenjanglebih tinggi lagi, insyallah aku siap tentunya tidak terlepas dari pendidikan yang kita jalani harus beres terlebih dahulu...
Doakanlah ohh.. ibu dan ayah serta semuanya.... semoga aku diberi mu’zijat dan hidayah buat semua ini, amienn...!!!


Do'a untukmu

20 maret 2010
Ya Allah... aku akui begitu banyak dosa yang telah aku perbuat yang disengaja ataupun yang tidak disengaja, aku sadar aku manusia yang yang lemah dan terkadang aku butuh semuanya tetapi semua itu jauh dari yang aku bayangkan, aku hanya bisa berharap kepada-MU akan selalu memberi diriku sesuatu yang bisa membahagiakan orang yang aku sayangi yaitu Umi, Abi , saudara saudaraku serta orang yang aku sayangi, termasuk keluarga dan calon istriku berilah dia kesehatan dan berilah aku dan dia mu’zijat supaya disembuhkan dari segala penyakitnya yang selama ini dia derita mudah-mudahan dengan izin-MU Ya Allah dapat terkabulkan ( amin...!!!) karena aku begitu amat sangat menyanyaginya dan jikalau dirimu berkehendak ingin raanya berbagi dengan anak –anak yang tidak mampu untuk berbagi kebahagian yang kelak aku raihh tentunya semua dengan izin-MU Ya Allah....maka dari itu berilah diriku kekuatan dan berilah aku motivasi hidup untuk meraih itu semua.
Ya Allah berilah kesehatan kepada kedua orang tuaku yang semakin sini semakin beranjak tua, berilah mereka kesempatan untuk melihat anaknya supaya melihat dan mengurus cucunya kelak nanti kalau sudah saatnya tiba, karena aku yakin semua umur tidak ada yang bisa diprediksi mau kapan, dimana, jam berapa, tua , muda, semua itu sudah diatur oleh yang diatas. Tetapi aku memhon kepada-Mu berilah mereka usia yang panjang supaya dapat melihat anaknya melihat kebahagian, begitu dengan diriku berilah kekuatan dan motivasi untuk berjuang hidup untuk melawan semua derita hidup. Ya allah kusadari aku tak patut untuk meminta semua itu karena diriku begitu banyak dosa yang tidak luput dari semuanya tapi kepada siapa lagi aku meminta dan memohon hanya kepada-MU. Dimanapun kapanpun aku selalu meminta dan memohon kepadamu walau aku tahu aku tak pantas.
Ya Allah berilah dia/orang yang aku sayangi kesehatan dan kesembuhan supaya terlepas dari penyakit yang selama ini dia derita, berilah dia mu’zijat yang kau miliki dan berilah dia sesuatu yang berbeda dengan orang lain supaya dia bahagia dan tidak lagi merasakan sakit. Aku begitu menyayangi dirinya dengan sepenuh hati, aku lebih bahagia lagi jika orang yang aku sayangi bisa tersenyum ada bersamaku dan dengan canda dan tawa yang memukau begitu bahagia tak terhingga kurasa, tetapi ketika kulihat dirinya lemah, sakit, sedih, dan menangis diri ini merasa perih dan sakit tiada terkira, bahkan kedua mata ini selalu mengluarkan air yang tanpa disadari turun menetesi mengalir membasahi kedua pipiku namun aku tak bisa apa-apa karena aku hanya manusia biasa dan jika aku bisa aku ingin sekali menggantikan posisi dirinya biarlah diri ini yang sakit yang menggantikan apa yang dia rasa dan biarlah dia terlepas dari penyakit tersebut.
Ya Allah... berilah dia kesehatan dan kesembuhan, karena kebahagian diriku akan lebih bermakna kalu ada dirinya karena aku sangat dan sangat menyanyagi dirinya. Karena setelah dia ada dalam kehidupan diriku dan mengisi kekosongan hati ini dia telah benyak mengajarkan diriku tentang hidup bahkan aku bisa menangis, sedih, bahagia, dan lain sebaginya semua itu karena dia, begitupun dengan semua aktivitas-aktivitas yang aku lakukan aku dapat termotivasi oleh dirinya, harapan hidup, harapan untuk bersemangat kul, bahkan harapan untuk hidup lebih besar ketika dia berada dalam kehidupan diriku,itu karena dia dan seandainya dia mengeluarkan kata berakhir ”meninggalkan diriku” kemungkinan hal terbesar adalah aku bisa stress, depresi, rapuh, jatuh, dan shock, bahkan kemungkinan yang paling terbesar adalah keinginan untuk hidup tidak akan pernah ada lagi karena semua sirna hanya dengan kata itu ”meninggalkan” kecuali memang itu dia menginginkannya aku seprti diatas stress, depresi, rapuh, jatuh, dan shock, bahkan kemungkinan yang paling terbesar adalah keinginan untuk hidup tidak akan pernah ada lagi, tetapi aku memohon kepada-MU ya Allah berilah keyakinan pada dirinya dan tidak akan pernah berkata demikian kepada diriku dan aku selalu memohon untuk kita berdua supaya diberi usia sampai memang waktunya tiba sampai kakek nenek kelak diakhir kemudian, sehingga dapat melihat anak-anaknya membina sebuah kelurga yang sakinah, mwadah, warohmah serta dapat melihat cucu-cucu berlarian dihalaman. Entahlah mengapa aku bisa berkata demikian itu semua datang dari hati Nurani diriku yang paling dalam. Ya Allah......
Oh.. ibu dan ayah berilah diriku kekuatan dan doakanlah ketulusan anakmu....supaya dia dapat melihat ketulusan diriku dan tidak pernah meragukan lg akan niatku.

menjaga kepercayaan

20 maret 2010
Kenapa dalam beberapa hari ini aku terasa tak nyaman dengan kehidupan diriku sendiri, selalu dibayangi dengan rasa ketakutan dan rasa kebimbangan serta rasa kekhawatiran yang begitu amat tidak bisa aku utarakan. Rasanya diriku seakan tak mampu untuk menjalani semua ini, ingin rasanya diriku pergi dari kehidupan ini untuk lari dari semunya. Oh Tuhan apakah ini sebuah ujian yang kau berikan kepada diriku ??
Ingat akan ucapan diriku selama ini, inikah bukti nyata yang telah Allah berikan kepdaku atas doa-doaku kepada-MU walaupun ku tahu aku baru sadar sekarang, dulu aku pernah meminta kepada-MU bahwa jika diri-MU memberi diriku seorang yang baik yang ku minta dan dia juga bisa menyayangi diriku, aku berjanji kepada-MU bahkan kepada diri sendiri aku tidak akan pernah menghianati cinta dan kasih sayangnya serta kepercayaannya aku akan jaga dengan seutuhnya. Jadi kini apapun yang terjadi kepdanya bagaimanapun kondisinya aku akan selalu menyayangi dirinya dengan semua kemampuan diriku, aku akan menerima dirimu dengan segala kerendahan hatiku walaupun itu sekaligus raga taruhannya diriku aku akan semuanya,. Pernah aku berkata” apalah arti rasa sakit jikalau rasa sayang itu melebihi rasa sakit” kini kata-kata itu sudah terbukti kepada diriku.. kini aku harus bisa menerima semua itu dengan keikhlasan rasa sayangku mampu melebihi sakit itu walapun aku akui itu butuh proses yang cukup tapi ketika niat itu diiringi dengan Ridho Allah Insyallah semua itu bisa berjalan dengan lnacar tanpa ada beban tentunya tidak terlepas daripada do’a.
Semua kejadian yang telah terjadi mungkin sebuah ujian yang diberikan Yang diatas kepada diriku, sehingga yang diatas harus menghendaki harus begini, memang rasanya sangat berat buat diriku akan tetapi ini adalah hidup yang harus aku jalani,harus ditempuh dengan tanpa lelah harus dihadapi apapun itu resiko yang harus kita hadapi yang penting tidak terlepada daripada Yang Di Atas.
Jika kamu/orang yang aku sayang membaca semua ini, jangan pernah melihat tulisan ataupun tanya berapa banyak tulisan ini akan tetapi lihatlah dan resapilah isi ma’na daripada isi kalimat kalimat ini kata demi kata. Karena sebagian luang waktu diriku selalu aku curahkan kedalam tulisan ini karena aku tahu tidak mungkin aku curahkan semua kata-kata karena aku takut kamu menganggap semua itu hanya bualan dan hanya kata rayuan serta gombalan semata. Jadi aku menyimpulkan jika aku menuangkan kedalam tulisan kemungkinan aku juga bisa melihat daripada isi tulisan itu sendiri betapa aku sangat menyayangi dirimu dan terbukti aku bisa mengeluarkan seluruh isi hati melewati sebuah tulisan walaupun kemungkinan tulisannya masih kurang bagus akan tetapi inilah isi dari pada curahan hatiku.
Do’amu ibu dan ayah selalu menyertai diriku kemanapun aku pergi....amin

Ketulusan

19 maret 2010, Cinta itu memang butuh pengorbanan walaupun sekaligus itu nyawa..cinta telah menjadikan diriku seorang yang bisa mengartikan segalanya tentang hidup maupun tentang arti yang lainnya. Akan tetapi semua itu tidak hanya cukup dengan sebuah cinta saja melainkan dengan kasih sayang yang kita harus miliki.. sebab dengan kasih sayang semua akan lebih berbeda apapun itu bentuknya karena kasih sayang itu bisa merobohkan segalanya....apalagi didasari karena Allah, subhanallah pasti sangat luar biasa!!. Kini cinta yang kumiliki merupakan cinta yang tulus datang dari hati nurani...akan tetapi yang lebih luar biasa ternyata kasih sayang yang aku punya lebih besar dari cinta yang kumilki... rasa sayang diriku untuk menyayangi dirimu begitu tulus datang dari dalam hati dan tidak akan pernah tergantikan oleh siapapun selain dirimu seorang.
Aku tahu keadaan dirimu, siapa dirimu, bagaimana sifatmu dan lain sebagainya. Namun ketika sudah sayang, hati tidak akan pernah bohong rasa itu akan tetap tumbuh dan selalu ada untuk selamnya walaupun terkadang berpura-pura tidak memperlihatkan karena itu hanya ego saja padahal sesungguhnya sayang itu melebihi apapun dan biasanya penyesalan itu akan selalu datang diakhir kemudian ketika kita sudah menyadari semuanya.
Kesadaran merupakan titik dimana kita menyadari sebuah keadaan yang memang itu akan atau sudah terjadi demikianpun bisa awal dan akhir bisa terjadi. Akan tetapi satu hal itu semua kembali kediri kita...
Jangan pernah kau sia-siakan diriku,pengorbanan diriku, waktu diriku, semua itu hanya untuk dirimu bahkan kejujuran diriku jangan pernah kau ragukan walaupun aku tahu yang menilai kejujuran diriku hanya dirimu yang bisa menilainya. Jika dirimu masih ragu akan diriku.. kamu bisa jawab dengan mata hatimu kenapa bisa ragu? Kamu boleh bertanya demikian atau pun pertanyaan-pertanyaan yang lainnya bahkan beribu atau berjuta pertanyaan bisa kau pertanyakan. akan tetapi kamu harus berfikir benar atau tidak kah semua itu harus dipertanyakan???? Padahal toh buktinya pernah ada didepan matamu berdiri,duduk,berbincang-bincang, bercanda tawa, berantem, kadang jahilnya juga keluar... bahkan yang lainnya yang pernah kita alami saat saat bersama, bahkan jarak pun.. semua itu harus dijadikan sebuah keyakinan bahwa dirimu tidak ragu kepadaku. Sepuluh hari itu memang waktu yang relatif tidak begitu lama akan tetapi dirimu bisa/mengambil sebuah argument atau sebuah keputusan yang bisa kau terapkan pada dirimu sendiri karena saya pikir dalam waktu sepuluh hari, selama itu kita telah menghabiskan waktu bersama, jalan-jalan bahkan yang paling indah itu adalah saat-saat bersamamu. Canda tawa, bergurau, saat kendaraan macet/mogok terpaksa kita naikin itu motor kemobil bak terbuka, makan bareng, panas-panasan, jalan kepantai, naik angkot sampai tiga kali naik turun sampe mau muntah.., kerumah peninggalan sejarah, musium, masakin aku makanan dan makan bareng, dll. Bahkan tidak hanya itu saja dirimu telah memperkenalkan diriku kepada saudara-saudaramu yang begitu baik dan ramah tamah walaupun bagi diriku serasa aneh dengan gaya bicaranya dengan nada tinggi/logatnya, tetapi semua itu merupakan budaya/kebiasaan padahal maksudnya dan tujuannya sama saja lembut. Jujur aku sangat senang dan betah banget tinggal disana bersama mereka karena bagi diriku mereka seolah menjadi sebuah keluarga.... dalam sepuluh hari ditempat dirimu tinggal begitu banyak manfaat dan pengalaman yang bisa kupetik namun yang paling indah dan saat-saat yang paling membahagiakan adalah saat dimana kita bersama karena dirimu telah mengajarkan sesungguhnya arti kebahagian,kesedihan,tangisan, yang sesungguhnya. Bahkan perpisahan ketika diriku pulang, betapa hati ini sedihh tidak mau berpisah dengan dirimu bahkan air mataku menetes keluar dari kedua mataku mengalir deras kepipi mebasahi pipiku. Rasanya diriku tidak mau pulang untuk meninggalkam dirimu sedihh hati ini...sedihhhhhhhhhh. Apalagi hatimu, rasa toleransimu pada anak yatim piatu serta ketulusan dirimu, aku semakin sayang kepadamu. Semoga dirimu juga sayang kepada diriku...
Sungguh luar biasa dirimu. Semoga dirimu selalu dalam lindungan Allah SWT, amien...
Doanya ya Ibu ayah.....untuk diriku dan dirinya (amin)

I love you so much dear

bengkulu

...
Bengkulu (bahasa Belanda: Benkoelen atau Bengkulen, bahasa Inggris: Bencoolen, bahasa Malaysia: Bangkahulu) bagian barat daya pulau Sumatera adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, Indonesia. Di sebelah utara berbatasan dengan Sumatra Barat, di sebelah timur dengan Jambi dan Sumatra Selatan sedangkan di sebelah selatan dengan Lampung.

ternyata tempat panas, gersang akan tetapi mengasikan untuk liburan karena ada pantainya tuhhh.... tahu kan ada nama pantai panjang.. beuhhhhh tempatnya tuhh dipenuhi dengan aktivitas yang positif-positif tuhhh... banyak remaja-remaja berkumpul.. pokoknya laou sempat ada waktu semapatin ya kawan semua. tapi jangan sampae lupa saya diajak karena saya juga baru pertama kali kesana......jadi mau lagi hehehe
terimakasih ya kepada amah(anak-anaknya dan semua saudaranya),abng,aa/teteh yang sudah bersedia menampung saya selama beberapa hari sudah menginap dirumah..terutama buat seseorang makasih banget sudah diajak jalan jalan mengelilingi kota bengkulu..... maafin saya sudah ngerefotin selama menumpang dirumah dan bikin kesal...terutama makan sama mandi gratis heheh........ oia kapan -kapan ntar ditunggu gilirannya ketempat saya. ya walaupun tidak sebagus kota bengkulu tapi saya tunggu....
tapi ada sedikit kecewanya tuhhh.... tapi g gede juga sieh kecewa karena saya tahu kesibukan/tugas lebih penting daripada yang lain karena masa depan merupakan yang harus di utamakan. lagian saya juga tidak mau sampai mengganggu aktivitas apalagi hanya gara gara saya semua aktivitas  menjadi terbengkalai  duhhhh sungguh ironis kalau semua itu banar hahahaha.................
kenapa saya ada rasa kecewa.... jawabannya tidak jadi berkunjung ketempat seseorang yang dimana telah melahirkan dirinya.tapi ya udalahlah mungkin bukan saatnya... padahal kepingin tuh... bersilatuhrahmi dengan yang sudah melahirnya dirinya sehingga dia bisa berada didunia. satu hal yang aku puji dari dia... betapa bahagia orang tua yang telah melahirkan dirinya selain dia baik,cantik, pintar tapi yang aku suka tuhh sikapd an  toleransinya sungguh sungguh luar biasa. yaaa... walaupun ada jahilnya.... hehehehe,
<--More-->

Berat

rasanya berat untuk meninggalkan dirimu... walaupun ku tahu pasti kita akan bertemu lagi... tapi hati ini berat untuk meninggalkan dirimu.... selama 10 hari bersama waktu terasa singkat. ntahlah beberapa hari ini aku merasa sensitif mudah marah... egois... kenaapa bisa demikian aku heran!!!!!
mungkinkah karena aku tak mau kehilangan dirimu....tak mau meninggalkan dirimu??? ntahlah......................
tapi satu hal aku sangat sayang kepadamu melebihi apapun.........

egois

...rasa sayang yang aku milki semakin yakin dan yakin serta semakin bertamah ketika hati ini terasa akan takut kehilangan dirimu.......diriku sadar akan semua sikapku yang terkadang membuat dirimu kesal kepda dirimu akan tetapi semua itu aku lakukan dengan penuh pertimbangan karena aku sangat sayang kepada dirimu...
cinta dan kasih sayang membuat diriku bisa menangis,marah, sedih, bahagia, khawatir.. dan lain-lain....
pernahkah dirimu berfikir bila kamu ada diposisiku apa yang kamu akan rasakan?