Thursday, October 2, 2014

Mesin Fingerprint

 

Mesin absensi fingerprint merupakan  salah satu mesin absensi  jenis biometrik yang menggunakan metode pendeteksian melalui sidik jari karyawan untuk mendata daftar kehadiran karyawan. Jenis fingerprint ini mulai dikenal dan digunakan sejak 1997.

Awal mulanya, penemu dan pencipta teknologi mesin absensi menyadari bahwa sidik jari merupakan salah satu bagian pada tubuh manusia yang unik dan berbeda  satu sama lain. Bahkan, kembar identik sekalipun memiliki jenis dan bentuk sidik jari yang berbeda. Hal inilah yang menjadi pemicu timbulnya gagasan mengintegrasikan mesin absensi fingerprint. sumber : http://mesin-absensi.net/mesin-absensi-fingerprint-sidik-jari/

Dilingkungan kerja baru satu bulan tepatnya dari akhir bulan Agustus menerapakan pinger pint/mesin sidik jari, aturan tersebut mengharuskan semua anggota karyawan harus menaati, tidak heran beberapa diantaranya ada yang yang pro bahkan adapula yang kontra, yaa tidak heran karena begitulah kalau awal-awal.

Memang banyak kelebihan yang didapt dari mesin tersebut mulai dari mengecek kehadiran karyawan,  yang biasanya asal absen diakhir bulan dan bahkan mengakunya hadir padahal tidak hadir, dengan mesin pinger pint tidak bisa seperti itu karena diakhir bulan ketika pengeditan akan terlihat mana yang betul-betul hadir dan sebaliknya yang tidak hadir.

Kelebihan mesin Pinger Print dianataranya Pengguna praktis dan simpel dapat langsung  mengabsen dan membuktikan kehadirannya dengan cara menempelkan salah satu jari  tangannya  pada layar/monitor yang telah tersedia pada mesin absensi, kapasitas pengguna yang banyak/tak terbatas.
Mungkin kalau yang sudah biasa mengoperasikan dan tahap pengeditan cuma terbiasa dan hal yang mudah, tapi bagi saya ini merupakn hal baru untuk mengoperasikannya apalgi dengan pelajarn singkat tidak ada pembekalan secara detail. Cukup Memusingkan dan memerlukan waktu dalam tahap pengeditan apalagi alat/vasilitas kurang terkadang menungu dulu menunggu orng beres, selanjutnya barulah saya pengeditan. Memang sudah dikatakan Oleh fasilitatornya bahwa kalau bisa Untuk tahap pengeditan itu Komputer dan Flasdiksnya tidak boleh banyak tangan jadi hars terpisah supaya tidak terkontaminasi oleh virus karena akan merugikan semuanya,  Memang tidak dipungkiri beberapa kali saya menemukan kesulitan yang sama waktu pengeditan terkadang hilang datanya, eror bahkan yang bikin jengkel itu ketika mulai tahap pengeditan semuanya tidak terbaca datanya hilang dan hanya terdapat no data.... kan Pusing coba bayangin.

Tapi Bersyukur meskipun cukup memusingkan kan itu ilmu baru walalupun dapat intrusksi cuma sebentar tida mendetail cara mengoperasikan, dengan tekun yaa lumayanlah bertambah. cuma Fasilitasnya ini Lho masih kurang.... 
Mudah-mudahn kedepanya fasilitasnya dilengkapi supaya saya lebih pintr hehehe.... Vish akh Bro !




No comments:
Write komentar

Klik & Subscribe Ya..

Translate