Saturday, April 22, 2017

Daun babadotan

 


Tumbuhan ini bisa ditemui dimana saja bahkan kalau kita punya halaman luas pasti ada tumbuh kecuali kalau memang ada yang sengaja mengembangbiakan tanaman obat tersebut, sepintas mungkin hanya tanaman biasa namun dibalik warna daunnya yang hijau tumbuh dimana saja, tanaman inj banyak mengandung manfaat yang sangat besar sehingga masyarakat khususnya didaerah kami ketika terjadi sesuatu misalkan terjadi luka lecet suka menggunakan tumbuhan tersebut, karena selain caranya yang gampang tinggal diambil beberapa helai daunnya kemudian ditumbuk hinggal halus lalu di oleskan ke luka tadi itu bisa dengan hanya ditempel atau pakai perban didiamkan saja hingga beberap Menit.
Masyarakat suka menamai tumbuhan inj dengan istilah babadotan dimana sudah turun temurun dari nenek moyangnya yang sudah biasa menggunakan tanama ini. Meskipun diluar sana bnyak akan tetapi pasti berbeda penyebutan atau nama tanama tersebut.‎
Namun seiring dengan perubahan zaman dimana tanaman ini sudah jarang digunakan dengan alasan cara pengolahanny hanya karena malas. Sebanarnya kata orang tua dulu yang masih setia menggunakan obat tersebut zaman itu tidak berubah sama seperti duli hanya orangnya merubah sehinggak diasumsikan semua sudah serba berubah padahal tidak. Itu semua timbul karena dimanjakan dengan yang namanya dengan hal isntan-instan meskipun biaya mahal dan efek kedepannya tidak diperhitungkan.
Saya pun setuju dengan pemaparan orang tua dulu karena selain bis menekan harga lebih murah bahkan tidak ada hanya memerlukan ketekunan saja dalam pengolahannya itu bisa langsung dipakai obat.

No comments:
Write komentar

Klik & Subscribe Ya..

Translate