Thursday, April 27, 2017

Pohon ranu

 

Pohon ranu itulah sebutan disekitar tempat kami berada, pohon ini bisa ditemukan di kebun, atau halaman rumah yang diameternya berbeda-beda dan untuk diameternya besar pohon tersebut sering digunakan untuk membuat kersangka speaker aktiv, papan buat rumah, baling-baling bambu dan lain sebagainya. 
Bahkan selain pohonnya yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan daunnya pun jangan salah manfaatnya juga bagus, salah satu contoh ketika dilingkungan masyarakat ada warganya sulit mengeluarkan air seni atau kalau orang medis disebut itu karena isk/bph dan biasa suka dilakukan pemasangan cateterlisasi atau tindakannya itu bisa dilakukan operasi apabila memang hasil pemeriksaan perlu dilakukan. Tapi saya pernah dilapangan  melihat warga kejadiannya persis seperti itu  dan mungkin sugestinya sudah tertanam betul dan cuma disuruh ambil daun ranu kemudian di tumbuh sampai halus lalu dicampur air hingga menyerupai kopi atau jus, tapi jgn salah sebelum diminum harus disaring dulu. Alhasil beberapa menit kemudian setelah diminum yang didalamnya itu adalah daun ranu alhamdulilah air senipun keluar, ntahlah itu seperti apa atau bagaimana namun itu adalah suatu kebetulan atau tidaknya itu kembalikan lagi bagaimana kita menyikapinya. Tapi tidak semuanya berjalan dengan yang diharapkan ada juga yang masih dan belum juga keluar air seninya, dan pada akhirnya dirujuk ke rs daerah. 
Namun apapun itu semuanya adalah syareat kita perlu menjalankannya hasil dan tidaknya kita serahkan ke Allah Swt. Semua masalah pasti ada solusi begitupun dengan sebuah penyakit pasti ada obatnya yang penting kita wajib ikhtiar. Hasil tidak nya itu tidak wajib jadi jagalah kesehatan dari sekarang supaya senantiasa sehat selalu‎

No comments:
Write komentar

Klik & Subscribe Ya..

Translate