Sunday, November 7, 2010

Epilepsy

 

I. Pengertian
Epilepsi adalah manifestasi gangguan otak dengan berbagai gejala klinis yang disebabkan oleh lepasnya muatan listrik dari neuron-neuron otak secara berlebihan dan berkala tetapi reversibel dengan berbagai etiologi [1,2,3].

II. Epidemiologi
Epilepsi dijumpai pada semua ras di dunia dengan insidensi dan prevelensi yang hampir sama, walaupun beberapa peneliti menemukan angka yang lebih tinggi di negara berkembang. Penderita laki-laki lebih banyak daripada penderita wanita, dan lebih sering dijumpai pada anak pertama[1].

III. Etiologi
Otak terdiri dari jutaan sel saraf. Sel ini bertugas mengoordinasikan semua aktivitas tubuh kita termasuk perasaan, penglihatan, berpikir, dan menggerakkan otot. Pada penderita epilepsi, terkadang sinyal-sinyal listrik tersebut tidak beraktivitas sebagaimana mestinya[4]. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain :
a. Kelainan yang terjadi selama perkembangan janin/kehamilan ibu
b. Kelainan yang terjadi saat kelahiran, sepertia hipoksia, kerusakan karena tindakan, atau trauma lain pada otak bayi
c. Kerusakan kepala yang menyebabkan kerusakan pada ctak
d. Tumor otak merupak penyebab epilepsi yang tidak umum, terutama pada anak-anak
e. Penyumbatan pembuluh darah otak
f. Radang selaput otak atau infeksi otak
g. Penyakit keturuna seperti fenilkertonuria (FKU), sklerosis tuberosa, dan neurofibromatosis
h. Kecenderungan timbulnya epilepsi yang diturunkan. [5]

IV. Patofisiologi
Sampai saat ini patofisiologi epileptik belum diketahui dengan jelas. Ada hipotesis yang menduga bahwa suatu epileptogenesis dapat terjadi karena adanya sekelompok neuron yang secara intrinsik mempunyai kelainan pada membrannya, dan ini bisa didapat atau diturunkan[1].   Mau lengkap ASakepnya Lihat saja di atas kemudia download.. selamat emncoba kawan...

No comments:
Write komentar

Klik & Subscribe Ya..

Translate