Sunday, April 23, 2017

sistem pencenaan

 

Sistem pencernaan merupakan proses perubahan atay pemecahan zat makanan dari molekul kompleks menjadi molekul yang lebih seserhanA dengan menggunakan enzim dan organ organ pencernaan yaitu mulut (cavum oris), faring, kerongkongan (esophagus), lambung/ventrikulus, usus halus (intestinum tenue), kelenjar pankreas, hati (hepar), usus besar (intestinum mayor), dan anus/lubang pelepasan.‎

Pertama-tama  pencernaan dilakukan dimulut, pencernaan secara  mekanik yaitu suatu proses mengunyah makanan menggunakan gigi dan pencernaan kimiawi menggunakan enzim ptialin dimana berfungsi mengubah makanan dalam mulut yabg mengandung zat karbohidrat (amilium) menjadi gula sederhana (maltosa).
Kemudian setelah itu makanan yang telah dicerna akan masuk kekerongkongan melalui proses deglutisi melewati faring
Selanjutnya makanan dibawa menuju lambung dan melewati kerongkongan tentunya dengan kontraksi otot dikerongkongan sehingga makanan itu sendiri bisa turun ke lambung dimana  dilambung makanan akan melalui proses pencernaan kimiawi. Yang menggunakan zat/enzim sebagai beriku:
1. Renin, renin disini beefungsi untuk mengendapkan protein pada susu(kasein) dari air susu(asi) hanha dimiliki oleh oleh bayi saja.
2. Pepsin, ini berfungsi untuk memecah protein menjadi pepton
3. Asam klorida (HCL), ini juga berfungsi untuk mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin sebagai disinfektan serta merangsang pengeluaran hormon sekretin dan kolesistokinin pada usus halus.
4. Lipase, lipase berfungsi untuk memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol akan tetapi lipase yang dihasilkan sngat sedikit.
Setelah makanan diproses dilambung yang membutuhkan waktu sekitar 3-4jam, makanan aksn dibawa menuju usus dua belas jari, nah pada usu dua belas jari terdapat enzim yang berasal dari pankreas yaitu :
1. Amilase yaitu enzim yang mengubah zat tepung (amilium) menjadi guka lebih sederhana (maltosa)
2. Lipase yaitu suatu enzim yang mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol
3. Tripsinogen, jika belum aktif maka akan diaktifkan menjadi tripsin yaitu enzim yang mengubah protein dan pepton menjadi peptida dan asam amino yang siap diserap oleh usus halus.
Selanjutnya makanan dibawa menuju usus halus dan didalam usus halus terjadilah suatu proses yaitu proses kimiawi dengan melibatkan berbagai enzim pencernaan. Dimana karbohidrat dicerna menjadi glukosa, lemak dicerna menjadi asam lemak dan gliserol, protein dicerna menjadi asam amino, sehingga pada usus dua belas jari seluruh proses pencernaan seperti karbohidrat,lemak, dan protein diselesaikan.
Makanan yang tidak dicerna di usus halus misalnya selulosa bersama dwngan lendir akan menuju ke usus besar menjadi feses dan didalam usus besar itu sendiri terdapat bakteri escherichia coli dimana bakteri ini berfungsi membantu dalam proses pembusukan sisa sisa makanan menjadi feses. Sisa makanan dalam usus besar masuk banyak mengandung air karena Tubuh memerlukan air sehingga sebagian besar air diserap kembali ke usus besar dan penyerapannya kembali air merupakan fungsi penting darii usus besar. Dengan demikian sisa sisa makanan akan di buang melalui anus berupa feses, dan proses ini dinamakan defekasi yang dilakukan dengan sadar

No comments:
Write komentar

Klik & Subscribe Ya..

Translate