Saturday, May 22, 2010

Kegiatan PKMD

 

Pengembangan kesehatan masayrakat desa 14-109
Persiapan tidak pernah luput kami lakukan ketika mau melakukan apapun dan ini pertama kalinya kami siap-siap untuk malakukan aktivitas awal dimana kami semua akan melakukan silaturahmi dengan warga tepatnya di Mesjid Al-Jami Almustaqim, disana kami telah ditunggu oleh warga. Kami semua ini sedang melakukan persiapan untuk melakukan pertemuan dengan warga RW 13 desa Giri mekar Kec. Cilengkrang.
Rasa yang bercampur dengan perasaan yang tidak menentu karena ini merupakan hal pertama bagi kami, khususnya bagi saya sendiri dalam membina suatu RW yang alhamdulilah didalamnya terdapat/meliputi Rt 01, 02 dan rw 03, kerjasama yang solid selalu kita lakukan walaupun terkadang ada sesuatu hal yang memang itu merupakan hal yang wajar yang harus ada dalam kelompok akan tetapi semua itu bisa kita sikapi dengan adanya kebersamaan serta kedewasaan.
Kebahagaian seseorang tidak terlepas daripada sebuah keimanan dan ketakwaan lahir dan bahtin.
Pertemuan aawal dengan warga maayarakat Rw 13 desa giri mekar, disana kita menjelaskan maksud dan tujuan daripada kedatangan kami. Alhamdulilah disana kami mendapat sambutan dan respon yang sangat sangat baik atas kedatangan kami terutama dengan ketua RW’nya beliau menyambut dengan antusias dan berharap besar akan kedatangan kami di desa tersebut akan meyangkut kesehatan. Pada pertemuan awal pada tanggal 15 Mei 2010 tepatnya sabtu malam mingu ba’da isya alhamdulah kami/kelompok 3 acara terbut dihadiri kurang lebih sekitar 40 orang warga yang terdiri dari tokoh masayarakat, kader, ketua Rw/Rt, serta Karang taruna/ IRMAS dan warga yang lainnya yang ada di desa tersebut “ terlampir absen”. Acara tersebut berjalan selama 2 jam yang dimulai dari jam 20:00 sampai 22:10 Wib dengan lancar tanpa ada halangan apapun. Walaupun pada waktu itu hujan agak sedikit deras namun tidak menjadi suatu halangan untuk berjalannya acara.
disana alhamduliah hari pertama tanggal 14 Mei 2010 kelompok kami langsung mengadakan salah kegiatan yaitu TENSI GRATIS Bagi warga desa Giri Mekar RW 13 dimana tempatnya dirumah ibu isah yang kami tempati dan kegiatan tersebut disambut bagitu baik oleh warga disana. Alhamdulilah walaupun baru beberapa hari tinggal disana kelompok kami yaitu kelompok 3 sudah menerima kedatangan para warga disana yang bertujuan untuk memriksakan ingin ditensi sekaligus untuk bersilaturahmi dengan kami semua, kegiatan acara tersebut kami mulai dari tanggal 14 Mei 2010-09 Juni 2010 yang dimana insyaallah buka 24 jam untuk TENSI GRATIS bilamana ada bantuan yang memang bisa kami bantu oleh kami kelompok kami bersedia. Disana kami semua cepat beradaptasi dengan warga karena kegiatan tersebut kami menjadi mudah untuk melebarkan sayap untuk melakukan SMD bahkan tegur sapapun sudah seperti warga asli disana. Disana masyarakatnya sangat ramah, sopan dan pada baik kekami walaupun itu baru beberapa hari tinggal disana.

kemudian Bimbingan juga merupakan suatu hal yang sangat penting dimana untuk lebih mendesain kekerreaktifan buat kami untuk lebih baik, bahkan untuk sesuatu hal yang memang tidak diketahui oleh kami agar supaya lebih tahu. Pada hari senin tanggal 17 Mei 2010 pembimbing kami kali pertama mengunjungi tempat dimana kami tinggal yaitu di desa giri mekar kec. Cilengkrang tepatnya di rumah ibu Isah, disana alhamdulilah kami mendapatkan tempat yang baik dan nyaman dan tidak kekurangaan apapun walapun ya ..! tapi alhamdulilah kelompok kami selali bersyukur akan apa yang kami tempati sekarang. Pertama disana kami tinggal alhamdulilah warga tersebut responnya sangat baik dan mereka begitu senang kami tinggal disana bahkan ada beberapa warga yang datang dan langsung bersalaman bahkan kami mengobrol-ngobrol seputar kedatangan kami.
lalu disini kami bukan untuk senang-senang ataupun hanya berhura-hura akan tetapi kami semua mempunyai tujuan yang dimana tujuan tersebut yaitudalam rangka kegiatan pengembangan kesehatan masyarakat desa dimana kelompok kami ditempatkan di Rw 13 di desa Giri Mekar kec. Cilengkrang. Kegiatan tersebut tidak hanya diam dan menerima tensi saja akan tetapi kami juga melakukan SMD/survei mawas diri terhadap warga disana dan kegiatan tersebut alhamdulilah sudah dilaksanakan yang di mulai pada tanggal 16 Mei 2010- 19 Mei 2010 dan selama itu kami melakukan kesetiaap Rt yang dimana disana kami membina 3 RT. Dan alhamdulailah semua berjalan dengan lancar walaupun ada beberapa hal yang memang ada kendala dalam melakukan aktivitas tersebut terutama medannya. Tapi syukur alhamdulilah semua itu bisa kami lewati sehingga kami bisa melakukan SMD. Salah satu contoh bukti daripada kegiatan ketika kami melakukan aktivitas SMD yaitu seperti gambar tersebut, teman kami ini sedang melakukan SMD terhadap salah satu warga dimana kami ajak mengobrol dan bertanya seputar kesehatannya yang dimulai dari awal masuk (yang dikonsumsi) hingga sampai yang dikeluarkan( yang dikonsumsi) alhamdulialh kami disambut dengan baik ketika melakuan kegiatan tersebut walaupun waktu itu kami ingat hujan yang sangat deras dan jalan yang begitu terjal karena medannya kadang naik, turun bahkan harus melewati jalan yang setapak yang hanya bisa dilewati orang saja akan tetapi semua itu tidak mematahakan semangat kami untuk melakukan kegiatan tersebut karena kami melakukan itu dengan penuh keikhlasan. SElALU SEMANGAT...!!!

didalam melakukan aktivitas sehari-hari kami tidak luput daripada sebuah kejadian yang memang tidak kami harapkan sama sekali akan tetapi ya mau bagaimana semua seakan sudah ada yang mengatur. Namun bisa kemungkinan pula karena kendaraan tersebut yang memang kondisinya bisa kurang baik ataupun medannya juga sehingga terjadi demikian bahkan kemungkinan besar karena belum terbiasa dengan medan tersebut , salah satu bukti yang bisa dilihat digambar tersebut adalah kejadian ketika sesudah jatuh dari motor karrena jalannya memang banyak kerikil dan terjal sehingga teman kami mengalami sebuah kejadian akan tetap kejadian tersebut tidak terlalu gimana-gimana hanya luka lecet ditangan dan dikaki serta dipundak. Digambar tersebut kami sedang melakukan P3K pada teman kami yang dimana setelah beberapa menit kejadian dan alhamdulah semuanya bisa terkendali dan bisa kami atasi dalam melakukan perawatan pada teman kami. TETAP SEMANGAT TEMAN !!!
ini merupakan kumpulan dimana kelompok kami sedang berdiskusi dengan Dosen pembimbing lapangan dan dalam pembahasan itu membahas persiapan buat pre lokmin serta mengecheck buat persiapan apa saja yang belum yang memang harus dipersiapkan. Singkat cerita kegiatan pre lokmin pada hari kamis malam jum’at tepatnya jam 19:30 wib kami semua sudah bersiap dengan semua nya termasuk materi/pembahasan. Beberapa jam kami menunggu hingga pada akhirnya saya sendiri mendatangi ketua Rw untuk menanyakan “bagaimana koq jam segini belum pada datang sampai 20:30 wib” jawaban bapak Rw” aduhh aa (sambil kebingungan) kayanya kalau sudah jam segini kayanya tidak akan datang karena dengan kondisi seperti ini tidak memungkinkan” padahal kekelompok kami semua sudah menunggu dengan sabar dan pada waktuu itu Dosen pembimbing pun hadir untuk menghadiri acara tersebut. Akhirnya ssetelah saya mendapat kejelasan dari pak Rw langsung memberitahu kepada Dosen Pembimbing Lapangan” sambil saya tidak enak dan bingung” bahwa acara malam ini kemungkinan di cancel, tapi syukurnya alhamdulilah yang dikira oleh saya dosen pembimbing akan marah ternyata sebaliknya mengatakan” ya sudah gak apa-apa lagian ibu juga mengerti dengan kondisi seperti ini jangankan orang lain kalaupun ibu dengan kondis seperti ini pasti ibu juga kemungkinan gak akan datang “sambil tersenyum”apalagi sudah malam kemudian rumah-rumahnya pada berjauhan”. Hujan yang begitu deras dari sore sampe malam belum berhenti-henti hingga acara kami terhambat membuat kami harus mengganti waktu dan Akhirnya kegiatan tersebut benar-benar dicancel dan kami semua pun menggunakan rencana yang kedua yaitu pada hari jum’at ba’da shalat jum’atan dan alhamdulilah pada hari jum’at acara yang kami adakan berjalan dengan lancar dan dihadiri ole para tokoh, kader, karang taruna dan warga lainya yang ada berada disana. TERIMAKASIH IBU TELAH DATANG SAMPAI UJAN-UJANAN Maafkan kelompok .... Semangat!!

pada tanggal 19 Mei 2010 kelompok kami menerima kunjungan yang kedua dosen pembimbing dan disini kami mendapat bimbingan untuk persiapan fre lokmin dan bagaiman untuk membentuk kepanitiaan untuk lokmin, beliau mengajarkan bagaimana cara penyajin untuk menyajikan materi bahkan sampai kepenampilan. Namun tidak hanya itu saja beliau juga mengecek tugas ataupun hasil dari yang kami lakukan yaitu SMD apakah sudah beres ataupun belum? Dan lain sebgainya.


Hari jum’at ttepatnya tanggal 20 Mei 2010 dimesjid AL-Jami Al Mustaqim setelah melakukam shalat jum’atan langsung kelompok kami siap-siap untuk melakukan pre lokmin/ mengadakan musyawarah hasil daripada SMD yang kami lakukan terhadap warga yang di ke Rt’an 13. Dan alhamdulilah dalam acara tersebut dihadiri oleh dosen pembimbing, tokoh-tokoh masyarakat, para kader, dan IRMAS(karang taruna) serta warga yang berada disana. Acara alhamdulilah berjalan lancar bahkan didalam/tengah-tengahnya berjalannya kegiatan tersebuat, warga disana sangat antusias apa yang sudah kami lakukan terbukti dengan berbagai pertanyaan dan saran saran serta masukan dari warga bahkan ada berdebat namun perdebtan tersebut memang bersifat suatu keinginan guna bagi masyarakatnya lebih maju serta yang lucunya dalam kegiatan ttersebut idak terlepas dari canda dan guarauan seorang bapak hehe.





No comments:
Write komentar

Klik & Subscribe Ya..

Translate